Layanan atau Fasilitas dari Internet

            Melihat perkembangan internet saat ini, internet merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat luas. Bukan lagi barang mewah, internet sekarang sudah mudah diakses. Berbagai pekerjaan atau pun kebutuhan dapat diselesaikan dengan mudah menggunakan layanan yang telah disediakan di internet. Layanan-layanan yang ada di internet memang sangat membantu, terlebih lagi tidak hanya satu jenis layanan yang disediakan, di internet banyak layanan yang dapat digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan para penggunanya. Berikut ini layanan-layanan yang disediakan di internet yang dapat kita gunakan:

Baca juga:
Macam-macam layanan Internet seperti WWW, gopher, telnet, dll
a.              WWW (World Wide Web)
WWW adalah layanan internet yang paling banyak dikenal orang dan paling cepat perkembangan teknologinya. Layanan ini menggunakan link hypertext yang disebut hyperlink untuk merujuk dan mengambil halaman-halaman web dari server. Halaman web dapat berisi suara, gambar, animasi, teks, dan program perangkat lunak yang menyusunnya menjadi dokumen yang dinamis. Pengguna dapat melihat World Wide Web dari sebuah browser yaitu program yang dapat menampilkan HTML (skrip halaman web), seperti mozilla firefox, google chrome dan sebagainya. Layanan ini memungkinan kita semua bisa menjelajahi halaman website yang ada di internet. Para pencari informasi di internet memanfaatkan layanan WWW guna mencari informasi berlimpah dari internet. 
b.             E-mail
Salah satu layanan internet adalah email

E-mail  merupakan singkatan dari Electronic Mail. E-mail adalah surat atau pesan elektronik yang dikirimkan dan diterima oleh dan antar individu atau komputer. E-mail bekerja seperti mesin penjawab telpon, walaupun kita tidak sedang online dengan internet kita masih bisa menerima email dari seluruh penjuru dunia. E-mail suatu metode untuk mengirimkan pesan, menyimpan dan meneruskan ke alamat e-mail yang lain melalui media elektronik (internet/intranet).. Dengan layanan ini kita bisa mengirim atau menerima e-mail dari dan ke pengguna internet di seluruh dunia, dan setiap pesan yang dikirim dan terima akan selalu tersimpan pada mailbox. Jika dibandingkan dengan pos, layanan e-mail jauh lebih cepat. Kita bisa mengirim e-mail ke teman yang berada di luar negeri hanya dalam waktu beberapa menit bahkan detik dan tidak perlu khawatir surat tersebut akan rusak atau tidak sampai ketujuannya. Jika alamat e-mail tujuan tidak ditemukan, pesan tersebut akan dikirim kembali ke e-mail pengirim, hanya dalam hitungan detik saja.
         Saat ini, email tidak hanya berisi teks saja tetapi sudah bisa dilampiri dengan grafik, gambar foto dan juga suara bahkan animasi. Email juga dapat digunakan untuk berkirim surat secara langsung kepada beberapa orang sekaligus. Berkirim dan menerima email, saat ini sudah menjadi hal yang umum dilakukan orang di internet. Kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja di seluruh dunia dengan layanan email ini, asalkan sudah memiliki alamat email tertentu. contoh alamat email : duik@peter.petra.ac.id. Layanan internet berupa e-mail ini sangat banyak sekali macamnya, ada yang gratis dan ada yang berbayar. Contoh e-mail yang gratis adalah Yahoo, Gmail, dan Hotmail.
c.            Mailing list
         Layanan internet Mailing list memungkinkan adanya sebuah forum diskusi antar para pemilik e-mail di internet. Materi diskusi biasanya dikirim ke e-mail masing-masing anggota diskusi. Penyedian Mailing List populer saat ini adalah Yahoo Groups. Anda bisa mendiskusikan berbagai macam topik diskusi dengan menjadi anggota sebuah mailing list. Setiap anggota milis dapat membaca surat dari anggota lainnya yang berada dalam lingkaran grup diskusi. Dan setiap anggota juga berhak membalas surat atau tidak. Apabila ada salah satu anggota yang membalas pesan maka semua anggota yang berada dalam lingkaran grup diskusi akan mendapat balasan tersebut. Dalam milis setiap orang dapat berlangganan atau berhenti berlangganan.
d.           Usenet
          Usenet (User Network) atau NetNews merupakan forum diskusi internasional melalui internet tentang berbagai macam hal dan bidang. Media diskusi yang biasa digunakan dalam Usenet berupa artikel. Artikel-artikel yang dikirimkan atau terpasang pada Usenet dapat dibaca oleh para pengguna internet di seluruh dunia. Tiap tulisan atau artikel dikelompokkan berdasarkan topik tertentu (newsgroup).
e.            FTP (File Transfer Protokol)
FTP ( File Transfer Protocol ) adalah salah satu layanan yang di kembangkan pada awal perkembangan  internet. FTP memungkinkan para pemakai internet untuk menghubungkan ke suatu komputer  di internet kemudian, mengakses isi direktori yang ada di dalamnya  dan dapat mengcopy atau men-transfer file-file ke komputer lokal miliknya.  FTP sistem yang digunakan untuk men-transfer data dari satu komputer ke komputer lainnya melalui jaringan komputer. Transfer file melalui FTP melibatkan dua komputer, yaitu komputer server FTP (di internet) dan komputer client (personal komputer). Komputer server menyediakan file-file yang dapat di-download oleh siapapun.
Untuk dapat men-download file dari sebuah server FTP kamu perlu mengetahui alamatnya. Jika alamat web biasanya diawali dengan HTTP, alamat situs FTP diawali dengan FTP. Untuk dapat berbagi file dibutuhkan dua macam program aplikasi. Komputer FTP server menggunakan program aplikasi FTP server, sedangkan komputer client menggunakan program aplikasi FTP client. Ada banyak sekali macam program aplikasi FTP client yang dapat digunakan seperti Fire FTP, FTP Explorer dan sebagainya.
f.            Gopher
         Sistem Gopher merupakan pendahulu dari Web. Gopher dikembangkan pertama kali oleh Computer And Information Services Departement di Universitas Minnesota. Gopher merupakan sistem yang pertama kali digunakan untuk mengakses informasi dari server melalui internet berupa teks, gambar, atau suara. Gopher tersusun atas untaian menu sistem pencarian dan penemuan kembali. Situs Gopher adalah komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia. Secara mendasar, menu-menu ini adalah daftar isi untuk mengolah dan menunjuk ke sebuah informasi tertentu. Layanan ini menggunakan FTP untuk pertukaran file dan Telnet untuk koneksi dengan server tertentu.
g.            Telnet
         Telnet adalah sebuah program aplikasi komunikasi yang memungkinkan login ke sistem komputer lain yang letaknya jauh dan menjelaskan komputer tersebut dari jarak jauh. Untuk dapat memasuki sistem komputer lain harus tahu alamat IP komputer tersebut. Sebagai contoh, saat berada di sekolah kamu dapat menggunakan komputer tersebut untuk memasuki sistem komputer yang ada di rumah, selama komputernya beroperasi. Beberapa server di internet memperbolehkan kita untuk mengaksesnya dan menjalankan beberapa program yang diinstal pada komputer itu. Layanan ini disebut sebagai telnet. Penggunaan server ini sama seperti kalau kita melakukannya pada komputer di jaringan lokal.
Contohnya : spacelink.msfc.nasa.gov, adalah layanan telnet gratis dari NASA tentang sejarah dan seluk beluk NASA.
h.           IRC (Internet Relay Chatting)
       IRC ( Internet Relay Chatting ) adalah layanan di internet yang di kembangkan sekitar 1980an di kenal dengan sebutan chat saja, yang sebenarnya merupakan pengembangan dari Utilitytalk di sistem UNIX. IRC adalah suatu teknologi dimana setiap orang dapat berinteraksi dengan orang lain yang jaraknya jauh. IRC memungkinkan dapat berinteraksi dengan orang lain dengan melakukan obrolan tertulis. Dengan adanya teknologi ini kita dapat berkenalan dengan orang baru dan memperbanyak teman atau relasi. Kita pun bisa saling melihat wajah lawan bicara kita apabila komputer kita/orang tersebut dilengkapi WebCam. Banyak orang melakukan chating selama berjam-jam karena sangat murah dan proses pengiriman atau penerimaan balasan yang cepat.
i.             VOIP
         Layanan yang dapat digunakan untuk berbicara lewat internet dikenal dengan sebutan VOIP. Telepon lewat internet mirip dengan telepon kabel. Letak perbedaannya adalah pada jaringan komunikasi yang digunakan. Telepon kabel menggunakan jalur telepon rumah (PSTN), sedangkan telpon internet melalui jaringan internet. Layanan ini menjadi alternatif yang menguntungkan karena biaya yang lebih murah terutama untuk komunikasi jarak jauh. Contoh program aplikasi yang dapat digunakan untuk telepon internet adalah Instant Messenger dan VOIP rakyat.
j.             CU-SeeMe
         CU-SeeMe merupakan layanan untuk konferensi video sehingga pengguna dapat berkomunikasi dengan menerima dan mengirimkan suara dan video secara bersamaan. Perkembangan teknologi konferensi video juga memungkinkan komunikasi dapat dilakukan oleh banyak orang untuk keperluan rapat-rapat bisnis dan konferensi jarak jauh. Beberapa program aplikasi yang dapat digunakan untuk keperluan ini diantaranya Net Meeting, MSN Messenger, dan Yahoo Messenger.
k.           Search engine ( mesin pencari)
        Search engine adalah website yang menyediakan layanan untuk mencari situs, gambar, foto dan sebagainya dengan cepat. Terdapat banyak website pencari di internet antara lain yaitu Google, Yahoo, Altavista, Excite, FAST search dan sebagainya. Dalam situs yang memberikan layanan search engine terdapat kolom kosong untuk menulis teks dari data yang ingin dicari. Untuk melakukan proses pencarian tekan tombol enter pada keyboard atau klik tombol search setelah mengetikkan teks dari judul yang dicari. Data yang sudah ditemukan dalam sebuah website bisa disimpan dalam komputer dicetak menggunakan printer. Surfing merupakan aktivitas di internet yang paling populer saat ini. Akses informasi di internet bisa dilakukan dengan menggunakan search engine.
l.             Blog
        Blog adalah layanan yang memungkinkan kita untuk dapat menuangkan segala curahan hati, menulis cerita, menulis pengalaman pribadi, dan sebagainya dalam bentuk kata-kata atau gambar. Layanan blog yang terkenal dan banyak digunakan antara lain Blogspot dan Wordpress.
m.         Internet Fax
        Layanan ini dapat di gunakan untuk mengirimkan faks yang biasa di lakukan melalui mesin faksmili, aplikasi ini mudah di gunakan dan biata pengiriman faks di hitung sebagai biaya lokal. Layanan internet fax memberikan kemudahan bagi para sekertaris untuk mengirimkan pesan faksimili dalam jumlah yang sangat banyak.
n.           Internet Telephony
        Layanan internet ini memungkinkan para pengguna untuk berbicara melalui internet seperti layaknya menggunakan pesawat telepon. Namun, terminal yang digunakan berupa komputer yang di lengkapi alat penerima dan mikrofon, alamat situs yang di menyediakan informasi lebih lanjut tentang Internet Telephony adalah www.net2phone.com atau www.buddytalk.com
o.           NewsGroup
        NewsGroup adalah layanan di internet yang merupakan pengembangan dari E-mail. NewsGroup adalah forum-forum disuksi secara online di internet. NewsGroup merupakan bagian dari UseNet atau User's NetWork. Bila diibaratkan UseNet suatu gedung, maka NewsGroup merupakan ruang-ruang yang ada di dalamnya. NewsGroup berfungsi sebagai ruang percakapan bagi pengguna yang memiliki kepentingan yang sama. Topik yang dipakai adalah topik yang disediakan untuk umum sehingga kita dapat memilih topik yang kita inginkan. Setiap komputer terdapat beberapa NewsGroup. Setiap NewsGroup diatur berdasarkan satu topik general yang kemudian dibagi menjadi beberapa subtopik dibawahnya.
contoh Newsgroup : rec.arts.cinema
rec adalah topik utama, arts adalah subtopik dan cinema sub-subtopik.
p.           E-commerce
        E-Commerce merupakan layanan internet untuk kepentingan ekonomi, seperti toko online. Dengan adanya layanan internet semacam ini anda tidak perlu repot lagi belanja ke mall atau supermarket untuk membeli barang yang anda inginkan. Cukup buka laptop anda kemudian koneksikan dengan internet, cari toko online terpercaya yang menjual barang yang anda inginkan, transfer dan barang keinginan anda pun akan dikirim ke rumah anda.
q.           E-banking
        Kemudahan transaksi dan transfer uang real time bisa anda dapatkan dengan menggunakan layanan internet E-Banking. Saat ini hampir semua bank pemerintah maupun swasta menyediakan fitur E-Banking ini kepada para nasabahnya. Kelebihan dari E-Banking di banding dengan transaksi biasa adalah kemudahannya. Untuk transfer misalkan, anda tidak perlu datang ke mesin ATM terdekat lagi untuk men-transfer sejumlah uang. Cukup gunakan layanan internet ini maka anda pun bisa men-transfer uang dengan cepat.
r.            E-learning
        Merupakan sistem pembelajaran elektronik, dimana peserta didik dan guru tidak bertatap muka secara langsung melainkan dari jarak jauh. Komputer menjadi perantara antara pengajar dan peserta didik. Dengan adanya e-learning kita dapat membaca materi secara berulang - ulang. Namun dapat mengurangi interaksi antara guru dengan murid secara langsung.
s.           E-government
       E-Goverment merupakan bentuk pelayanan pemerintahan terhadap masyarakatnya dengan memanfaatkan teknologi informasi. Ada beberapa model penyampaian utama yaitu Goverment to Citizen / Goverment to Customer (G2C),Goverment to Employ (G2E), Goverment to Business (G2B), dan Goverment to Goverment (G2G). E-Goverment diharapkan dapat meningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik.

Bagikan Artikel

FacebookTwitter

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya. Jika ada koreksi ataupun saran, silahkan tinggalkan komentar di kolom komentar.
EmoticonEmoticon