Apa itu Polusi Cahaya? Ini dia Solusi Mengatasi Polusi Cahaya

Solusi Mengatasi Polusi Cahaya


Langit dengan polusi cahaya

Polusi cahaya pertama kali dimasukkan ke dalam berita tahun 1964, ketika sebuah observatorium pindah untuk menghindari polusi cahaya. Namun, polusi cahaya tidak diperhatikan hingga 6 Juni 2002, ketika Ceko mengesahkan undang-undang polusi cahaya pertama di dunia. Setelah itu polusi cahaya pelan-pelan mulai dianggap sebagai masalah publik. (Wikipedia.org) Kemudian terdapat beberapa komunitas hingga penelitian untuk mengatasi polusi cahaya.
Polusi cahaya ini bisa diatasi dengan Efisiensi energi dalam penggunaan lampu jalan, lampu pekarangan rumah, dan lampu papan reklame yang sangat berpengaruh besar dalam mengurangi polusi cahaya. Penggunaan lampu yang tepat waktu, tepat guna dan tepat arah juga sangat mempengaruhi efisiensi dalam penggunaan energi. (blog.alfannas.com).
Tepat Waktu artinya lampu-lampu tersebut dinyalakan atau dioperasikan pada saat-saat yang memang dibutuhkan saja. Penggunaan lampu luar ruangan semalaman tentu akan membuang-buang energi dan tidak efisien. Tepat Guna memberikan efisiensi penggunaan energi yang disesuaikan dengan kebutuhan pencahayaan. Jalan yang kecil tentu saja tidak perlu diberikan lampu besar dengan daya yang besar pula. Tepat Arah artinya arah pencahayaan disesuaikan dengan tempat yang benar-benar membutuhkan cahaya. Lampu jalan tentu tidak akan gunanya jika menggunakan lampu bulat yang sebagian besar cahayanya terbuang keatas. Yang paling bagus adalah semua cahaya diarahkan kebawah kearah tanah, tidak ke muka orang atau malah ke langit.
           
Tudung lampu yang baik untuk solusi polusi cahaya

            Upaya penanggulangan dalam menurunkan polusi cahaya ini bisa dilakukan dengan meyakinkan masyarakat untuk mengambil tindakan yang diperlukan. Contohnya, dengan meyakinkan mereka bahwa pencahayaan yang tepat adalah dengan menggunakannya di tempat dan saat yang memang diperlukan. Cara ini akan mengurangi polusi cahaya, emisi karbon, dan pada saat yang sama, menghemat pengeluaran. Menanam pohon juga perlu dilakukan hal ini bisa mengurangi cahaya yang terpancar ke langit sehingga langit tetap gelap. Dikutip dari situs Hijauku Indonesia, Pemerintah Perancis mengeluarkan undang-undang yang mengharuskan semua kota mematikan lampunya pada malam hari. Semua gedung dan jalan raya harus mematikan lampu selambat-lambatnya jam 01.00 pagi. Selain itu juga, sekarang sudah ada komunitas Earth Hour yang mengajak penduduk seluruh dunia mematikan lampu selama 1 jam.

Langit malam dengan bintang

            Contoh lainnya agar cahaya lampu tepat arah yaitu menggunakan tudung lampu. Nah, penggunaan tudung lampu ini juga harus sesuai dengan kriteria yang bisa mengarahkan cahaya lampu ke bawah bukan mengarahkan cahaya lampu kearah langit. Kriteria tudung lampu yang buruk dan baik digunakan akan dibahas pada artikel selanjutnya. Dengan penggunaan tudung lampu yang tepat bisa mengurangi polusi cahaya yang sangat signifikan karena dapat mengurangi cahaya yang mengarah ke atas atau ke langit.

Baca juga:
             

Bagikan Artikel

FacebookTwitter

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya. Jika ada koreksi ataupun saran, silahkan tinggalkan komentar di kolom komentar.
EmoticonEmoticon