Faktor-faktor yang memengaruhi kecepatan pernapasan-Materi Biologi SMA

Haiii ๐Ÿ˜„,
Shiro-chan mau berbagi informasi mengenai faktor-faktor yang memengaruhi kecepatan pernapasan. Saat SMA, Shiro-chan pernah melakukan praktikum dengan tema pernapasan. Objek yang digunakan adalah serangga dan kecambah. Praktikum tersebut bertujuan untuk mengetahui kecepatan pernapasan serangga dan kecambah serta faktor-faktor yang memengaruhinya.
Apa saja faktor-faktornya??

Respirometer: mengukur kecepatan pernapasan
Percobaan mengukur kecepatan pernapasan serangga menggunakan respirometer.

Baca juga:

Berat Tubuh

Berat organisme memengaruhi kebutuhan oksigen, organisme yang memiliki massa lebih besar akan memiliki sel lebih banyak dari pada yang massanya lebih ringan. Maka, semakin banyak sel yang membutuhkan oksigen pada organisme bermassa besar, sehingga kecepatan pernapasannya semakin cepat agar oksigen yang didapat semakin banyak. Sebaliknya, semakin ringan berat serangga (ukurannya kecil) maka semakin sedikit pula oksigen yang ia butuhkan sehingga semakin lambat pernapasannya. Begitu pula dengan aktivitas serangga tersebut, juga memengaruhi kebutuhan oksigen.

Suhu Tubuh

Di lingkungan yang panas, tubuh mengalami peningkatan metabolisme tubuh untuk mempertahankan suhu tubuh agar tetap stabil. Untuk itu, tubuh harus lebih banyak mengeluarkan keringat agar menurunkan suhu tubuh. Aktivitas ini membutuhkan energi yang dihasilkan oleh peristiwa oksidasi dengan menggunakan oksigen. Sehingga semakin tinggi suhu tubuh, maka kebutuhan energi semakin banyak pula sehingga kebutuhan O2 juga semakin banyak. 

Aktivitas Tubuh

Makhluk hidup melakukan suatu aktivitas tubuh akan memerlukan energi. Berarti semakin berat aktivitasnya,maka semakin banyak kebutuhan energinya, sehingga pernapasannya semakin cepat.
 

Umur 

Semakin tua organisme frekuensi pernapasannya semakin rendah sehingga laju pernapasan lambat. Hal, ini terjadi karena adanya penurunan proporsi kebutuhan energi.

Jenis Kelamin 

Betina/perempuan mempunyai laju pernapasan lebih cepat dibanding jantan/laki-laki.


Sekian dulu yaa berbagi informasinya... ๐Ÿ‘‹
 

Bagikan Artikel

FacebookTwitter

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya. Jika ada koreksi ataupun saran, silahkan tinggalkan komentar di kolom komentar.
EmoticonEmoticon