Penjelasan Lengkap Corel Draw

Materi Corel Draw lengkap untuk SMA

Kali ini saya akan menjelaskan mengenai materi dasar Corel Draw, mulai dari pengenalan tampilan awal, elemen-elemen, sampai penjelasan fungsi toolbox. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 

Bitmap dan Vektor: Pengertian, Karakteristik, Contoh Aplikasi, dan Format File


A. Tampilan welcome screen

Tampilan Welcome Screen memberikan enam pilihan kepada penggunanya untuk dipilih salah satunya. Berikut ini adalah penjelasan dari ke enam opsi tersebut:
  • New Graphic digunakan untuk membuat sebuah file obyek gambar yang baru.
  • Open Last Edited untuk membuka file obyek gambar yang telah dibuat dan pernah diedit terakhir kali. 
  • Open Graphic untuk membuka file – file Corel Draw yang pernah dibuat dan tersimpan dalam hardisk atau removable disk (Simpanan luar) 
  • Template untuk membuat obyek gambar dengan menggunakan fasilitas template (pola–pola/desain) yang disediakan oleh Corel Draw atau yang dibuat oleh user. 
  • Corel Tutor untuk membuka lembaran tutorial yang disediakan oleh Corel Draw 
  • What’s New? Informasi tentang beberapa hal yang baru pada CorelDraw versi ini

B. Elemen elemen Corel Draw

 Elemen-elemen corelDRAW dan fungsinya

Jika tabel terpotong, silahkan rotasi layar HP
Nama Elemen
Keterangan
Toolbox
Bagian yang berisi beberapa tombol perintah untuk membuat dan memodifikasi obyek gambar
Menu Bar
Bagian yang berisi beberapa pilihan menu untuk menjalankan suatu perintah
Toolbar
Bagian yang berisi beberapa tombol perintah untuk menjalankan suatu perintah
Property Bar
Bagian yang berisi perintah – perintah yang berhubungan dengan tombol perintah atau obyek yang aktif
Drawing Page
Area cetak yang dapat digunakan untuk membuat dan mengolah obyek gambar
Ruler
Bagian yang dipakai untuk melihat membuat, menentukan ukuran atau posisi obyek gambar dalam drawing page atau drawing window dengan sistem metrik tertentu
Drawing Window
Area yang lebih luas yang dapat digunakan untuk mengolah obyek gambar diluar area cetak
Vertical Scrollbar
Bagian yang dipakai untuk menggulung drawing page / drawing window ke atas atau ke bawah
Color Pallete
Bagian yang berisi daftar warna yang dapat dipilih untuk mewarnai obyek gambar
Status Bar
Bagian yang berisi informasi obyek gambar dan posisi pointer mouse dalam obyek gambar
Document Navigator
Bagian yang dapat digunakan untuk menambah, mengurangi, mengganti nama dan berpindah ke halaman yang lain
Page
Informasi tentang halaman cetak yang sedang aktif dan semua halaman yang telah dibuat
Horizontal Scrollbar
Bagian yang dipakai untuk menggulung drawing page/drawing window ke kiri atau ke kanan
Navigator
Tombol perintah yang berfungsi untuk membuka tampilan lembar kerja dalam ukuran kecil dan sekaligus dapat digunakan untuk memindahkan fokus tampilan pada area gambar tertentu yang dikehendaki
Fill & Line Color
Berisi informasi tentang warna yang digunakan obyek gambar


C. Menubar

Menubar Corel draw beserta fungsinya
Menubar adalah baris menu yang berisi perintah-perintah yang digunakan untuk mengatur dan mendesain gambar, misalnya untuk menampilkan dan menyembunyikan grid, ruler, dan guidelines. Dalam menu utama terdapat submenu dan di dalam submenu terdapat submenu berikutnya. Menu dapat Anda aktifkan dengan cara-cara berikut:
(1) Klik pada nama menu dengan mouse, atau
(2) Tekan tombol Alt pada keyboard diikuti dengan huruf yang bergaris bawah pada nama menu. 
Misalkan, memilih menu Arrange, tekan tombol Alt+AJika Anda ingin memilih submenu, tekan satu huruf pada keyboard sesuai dengan huruf yang diberi garis bawah pada menu tersebut. Contohnya, untuk membuka menu Arrange Tranformations Rotate, Anda dapat menekan tombol Alt+ A+ F+ R. Berikut ini penjelasan masing-masing menubar:

1) File
Berikut beberapa submenu pada Menu File yang umum digunakan
# New untuk membuat gambar atau desain baru dari layout kosong (blank).
# New Form Template untuk membuat gambar atau desain baru dari file template (desain yang sudah terbentuk sebelumnya,*. cdt).
# Open untuk membuka file *.cdr.
# Close untuk menutup lembar kerja yang aktif.
# Close All untuk menutup lembar kerja keseluruhan.
# Save untuk menyimpan file atau lembar hasil kerja.
# Save As untuk menyimpan file dengan nama baru, biasa digunakan untuk file yang sudah tersimpan kemudian disimpan kembali dengan nama lain.
# Acquire Image untuk mengambil gambar dari scanner.
# Import untuk mengambil gambar, foto atau teks dari file lain baik file CDR, BMP, TXT,TIF ataupun JPG.
# Export untuk menyimpan dokumen dalam format file lain.
# Print Merge untuk mencetak dengan menggabungkan pada file txt.
# Print Setup untuk menentukan jenis printer yang dipakai, ukuran kertas serta set warna atau monochrome.
# Publish to The Web, Document Info.
# Exit untuk keluar program CorelDRAW.

2) Edit
Berikut beberapa submenu pada Menu Edit yang umum digunakan.
# Undo untuk membatalkan satu atau dua perintah sebelumnya dalam pengeditan.
# Redo untuk mengembalikan perintah yang sudah dibatalkan oleh perintah undo.
# Repeat untuk mengulangi langkah terakhir yang dilakukan dalam pengeditan.
# Cut untuk menghapus objek dan menyimpannya di memori sehingga dapat ditampilkan kembali dengan perintah paste.
# Copy untuk menyalin objek dan tersimpan di memori.
# Paste untuk mengaktifkan atau menampilkan objek-objek yang ada di memori (objek yang di-cut atau di-copy).
# Paste Special untuk mengaktifkan objek dari hasil cut atau copy dari program lain disertai dengan alternatif lain.
# Duplicate untuk membuat duplikat atau salinan objek saat itu juga.
# Clear untuk menghapus objek.
# Select All untuk memilih semua hasil editan.
# Find and Replace untuk mencari dan mengganti nama kata.
# Insert New Object untuk membuat objek dari program lain dan kembali ke CorelDRAW dengan membawa objek.

3) View
Berikut beberapa submenu pada Menu View yang umum digunakan.
# Wireframe untuk menampilkan objek hanya outline tanpa menampilkan warna garis, isi, dan efek berfungsi mempercepat pengeditan pada layar.
# Full Screen Preview untuk menampilkan objek satu layar penuh.
# Rulers untuk menampilkan penggaris di atas dan di samping jendela aplikasi.
# Grid untuk menampilkan titik-titik bantu pada layar aplikasi.
# Guidelines untuk memunculkan garis bantu.
# Show untuk menampilkan hasil edit.
# Snap to Grid untuk mengubah atau memindahkan berdasarkan grid.
# Snap to Guidelines untuk memindahkan atau mengubah objek dengan merapat guidelines (garis bantu).
# Grid and Ruler Setup untuk menentukan satuan skala baik inci, milimeter atau pixel.
# Guidelines Setup untuk menentukan posisi guide pada layout.
# Dynamic Guides Setup untuk menyediakan ketentuan dalam membuat garis bantu dinamis.

4) Layout
Berikut beberapa submenu pada Menu Layout yang umum digunakan.
# Insert Page untuk menyisipkan atau menambahkan halaman.
# Delete Page untuk menghapus halaman.
# Rename Page untuk mengganti nama.
# Go To Page untuk memilih halaman yang akan diedit.
# Page Setup merupakan ketentuan dalam ukuran halaman.
# Page Background untuk memasukkan latar belakang warna atau objek gambar pada halaman.

5) Arrange
Berikut beberapa submenu pada Menu Arrange yang umum digunakan.
# Transformations untuk membuat efek tranform.
# Align and Distribute menentukan satu objek pada posisi kiri, kanan, tengah bawah atau atas dari objek lain.
# Order untuk menentukan objek depan atau belakang dari objek lainnya.
# Group untuk menghimpun dua atau lebih objek dan menguncinya.
# Ungroup untuk melepas kunci dari himpunan objek yang telah di-group.
# Ungroup All untuk melepas kunci dari himpunan objek secara keseluruhan.
# Combine untuk menggabungkan dua objek atau lebih menjadi satu objek yang berupa curve dan masih menampilkan objek-objek tersebut berpotongan.
# Break Apart untuk memisahkan objek yang sudah di combine.
# Lock Object untuk mengunci objek.
# Unlock Object untuk melepaskan kunci objek yang telah di-lock.
# Shaping, Convert to Curves untuk membuat objek atau teks yang tersorot dijadikan objek lain berupa curve.

6) Effects
Berikut beberapa submenu pada Menu Effects yang umum digunakan.
# Transform untuk menampilkan jendela perintah pindah (move), berputar (rotate), Strenght atau juga skew.
# Correction untuk mengkoreksi hasil efek. 
# Artistic Media untuk menampilkan jendela gambar dan tulisan artistik.
# Blend untuk menampilkan jendela menu efek blend.
# Contour untuk menampilkan jendela menu efek contour.
# Envelope untuk menampilkan jendela menu efek envelope.
# Extrude untuk menampilkan jendela menu efek Extrude.
# Bevel untuk menampilkan jendela menu efek Bevel.
# Lens untuk menampilkan jendela menu efek lens.
# Add Perspective untuk menambah dan menampilkan perspektif.
# PowerClip klip-klip efek dalam mengubah efek yang sudah ada.
# Copy Effect untuk menyalin efek.
# Clone Effect untuk meng-clone (menggandakan) dari objek lain yang sudah diberi efek.

7) Bitmaps
Berikut beberapa submenu pada Menu Bitmaps yang umum digunakan.
# Convert to Bitmap untuk mengubah gambar menjadi bentuk bitmap.
# Auto Adjust untuk mengatur channel warna dan kekontrasan gambar secara otomatis.
# Image Adjusment Lab untuk mengatur chanel warna dan kekontrasan gambar secara normal.
# Edit Bitmap untuk mengubah-ubah atau mengedit gambar.
# Crop Bitmap untuk memotong gambar.
# Trace Bitmap untuk memilah-milah warna yang ada pada gambar.
# Mode untuk menentukan warna pada gambar.
# Bitmap Color Mask untuk mengkombinasikan warna pada gambar bitmap.
# 3D Effects untuk mengatur efek 3 dimensi gambar.
# Art Strokes untuk membuat gambar tampak hasil goresan.
# Blur untuk mengatur tingkat kekaburan gambar.
# Camera untuk mengatur efek fokus gambar.
# Color Transform untuk mengatur pengubahan warna gambar.
# Contour untuk untuk membuat garis-garis pinggir objek pada gambar.
# Sharpen untuk mengatur keragaman gambar.

8) Text
Berikut beberapa submenu pada Menu Text yang umum digunakan.
# Character Formatting menu-menu text berupa jenis huruf, spasi, style, dan lain-lain.
# Paragraph Formatting menu-menu paragraf, seperti spasi baris, jarak paragraf, bullet, dan numbering.
# Tabs menu tabulasi.
# Columns menu membuat kolom.
# Drop Cap untuk membuat huruf pada awal kalimat menjadi besar (kapital).
# Edit Text untuk mengedits teks, menambahkan, menyisipkan, atau menghapus kata, atau juga huruf.
# Insert Symbol Character untuk memasukkan simbol.
# Insert Formatting Code untuk menampilkan menu kode.
# Fit Text to Path menu teks melengkung mengikuti lingkaran atau garis yang telah dibuat.
# Align to Baseline untuk mengembalikan huruf pada dasar baris huruf normal.
# Paragraph Text Frame penentuan kolom dalam sebuah frame teks.
# Writing Tools untuk menampilkan tombol-tombol teks.
# Change Case untuk menentukan perubahan tipe huruf.
# Font List Options untuk menampilkan jenis-jenis huruf yang tersedia pada program CorelDRAW maupun yang sudah di-install-kan.

9) Tool
Berikut beberapa submenu pada Menu Tool yang umum digunakan.
# Options untuk mengatur fitur-fitur pada area kerja dokumen dan pilihan bahasa pengantar.
# Customization untuk mengatur toolbar-tool dan menu lain yang ingin dimunculkan pada halaman menggambar CorelDRAW.
# Color Management untuk mengatur pilihan mode gambar (CMYK atau RGB) pada objek hasil gambar.
# Save Settings As Default untuk mengatur pilihan penyimpanan dokumen.
# Object Data Manager untuk memunculkan jendela object data manager.
# View Manager untuk memunculkan jendela view manager.
# Link Manager untuk mengatur link.
# Undo Docker untuk memperlihatkan langkah-langkah yang dilakukan selam pengolahan gambar.
# Internet Bookmark Manager untuk memperhatikan data hubungan ke internet.
# Color Style untuk memperlihatkan history pewarnaan gambar.
# Palette Editor untuk menentukan komposisi warna baru.

10) Window
Berikut beberapa submenu pada Menu Window yang umum digunakan.
# New Window untuk memunculkan halaman menggambar yang besar.
# Cascade untuk menampilkan beberapa halaman menggambara secara teratur dari depan ke belakang.
# Tile Horizontally untuk menampilkan beberapa halaman menggambar tersusun berjajar secara horizontal.
# Tile Vertically untuk menampilkan beberapa halaman menggambar tersusun berjajar secara vertikal.
# Arrange Icons untuk menyusun ikon.
# Color Palettes untuk memunculkan pilihan palet warna.
# Dockers untuk memunculkan docker pilihan tertentu.
# Toolbars untuk memunculkan toolbar pada halaman menggambar.
# Close 

D. Toolbox

Komponen toolbox coreldraw beserta fungsinya

Elemen-elemen toolbox coreldraw

Penjelasan:
a.   Pick tool
Mengaktifkan obyek dan untuk melakukan editing dasar dari obyek. Misalnya scaling, rotating, skewing, resizing

b.  Shape Tools
  1. Shape Tool : Melakukan proses editing node pada shape( komponen garis dari obyek).
  2. Smudge Tool : Menggosok obyek sehingga merubah bentuk obyek yang digosok tersebut.
  3. Roughen Tool : Memberikan efek distorsi pada obyek.
  4. Transform Tool : Merotasi, membesarkan, mengecilkan, skewing image secara bebas.
c.   Crop Tools
  1. Crop Tool : Digunakan untuk menghapus objek diluar seleksi.
  2. Knife Tool : Pisau yang berfungsi untuk memotong obyek. Cara kerjanya persis seperti menggunakan pisau biasa.
  3. Eraser Tool : Menghapus bagian tertentu dari obyek.
  4. Virtual Segment delete tool : Menghapus segmen secara virtual
d.  Zoom Tools
  1. Zoom Tool : Membesarkan atau mengecilkan tampilan area kerja di monitor.
  2. Hand Tool : Menggeser area kerja ke posisi tertentu.
e.   Curve Tools
  1. Freehand Tool : Membuat obyek berupa garis bebas.
  2. Bezier Tool : Membuat obyek garis dengan menentukan banyaknya node.
  3. Artistic Media Tool : Membuat obyek garis dengan berbagai bentuk yang artistik.
  4. Pen Tool : Membuat obyek kombinasi antara garis lurus dan garis lengkung secara langsung.
  5. Polyline Tool : Membuat obyek kombinasi garis lurus dan freehand secara langsung.
  6. 3-Point Tool : Membuat obyek garis dengan kurva 3 point.
  7. Connector Tool : Membuat obyek garis konektor secara interaktif
  8. Dimension Tool : Membuat obyek garis ukuran pada suatu obyek yang kita buat.
f.   Smart Tools
  1. Smart Fill : Untuk mewarna objek dan garis secara bersamaan sesuai dengan pengaturan.
  2. Smart Drawing : Membuat obyek garis secara bebas seperti freehand tool, namun dengan hasil yang lebih bagus.
g.   Rectangle Tools
  1. Rectangle Tool : Membuat obyek persegi panjang atau bujur sangkar.
  2. 3-Point Rectangle Tool : Membuat obyek persegi panjang atau bujur sangkar dengan kemiringan tertentu.
h.  Ellipse Tools
  1. Ellipse Tool : Membuat obyek lingkaran atau elips.
  2. 3-Point Ellipse Tool : Membuat obyek lingkaran atau elips dengan kemiringan tertentu.
Fungsi Toolbox coreldraw

i.    Object Tools
  1. Polygon Tool : Membuat obyek segi banyak.
  2. Star Tool : Membuat obyek-obyek bintang.
  3. Complex Star Tool : Membuat obyek-obyek bintang sudut banyak.
  4. Graph Paper : Membuat obyek menyerupai tabel.
  5. Spiral Tool : Membuat obyek spiral.
  6. Text Tool : Membuat obyek teks.
  7. Table Tool : Membuat tabel.
j.   Perfect Shape Tools
  1. Basic Shapes Tool : Membuat obyek-obyek dasar.
  2. Arrow Shapes Tool : Membuat obyek-obyek anak panah.
  3. Flowchart Shapes Tool : Membuat obyek-obyek flowchart.
  4. Banner Shapes Tool : Membuat objek-objek banner.
  5. Callout Shapes Tool : Membuat obyek-obyek callout (objek isi teks pada komik).
TOOL EFEK
k.   Interactive Tools
  1. Blend tool : Memberikan efek transformasi dari satu obyek ke obyek lain.
  2. Contour tool : Memberikan efek kontur pada obyek.
  3. Distort tool : Memberikan efek distorsi pada obyek.
  4. Drop shadow tool : Memberikan efek bayangan pada obyek.
  5. Envelope tool : Memberikan efek perubahan bentuk pada obyek.
  6. Extrude tool : Memberikan efek tiga dimensi pada obyek.
  7. Transparency tool : Memberikan efek transparansi warna pada obyek.
TOOL PEWARNAAN
l.    Eyedropper Tools
  1. Eyedropper tool : Mengambil sampel warna dari suatu obyek.
  2. Paintbucket tool : Memberikan warna tertentu pada suatu obyek.
m.  Interactive Fiil Tools (warna obyek)
  1. Fill tool : Mewarna objek dengan macam-macam metode.
  2. Mesh fiil tool : Mewarna bidang pada objek.
n.   Outline Tools (warna garis)
  1. Outline color dialog : Memunculkan color outline tool.
  2. No outline : Menghilangkan outline.
  3. Hairline outline : Memberikan outlinedengan ukuran sangat kecil.
  4. ½ point outline : Memberikan ukuran outline½ poin.
  5. 1 point outline : Memberikan ukuran outline1 poin.
  6. 2 point outline : Memberikan ukuran outline2 poin.
  7. 8 point outline : Memberikan ukuran outline8 poin.
  8. 16 point outline : Memberikan ukuran outline16 poin.
  9. 24 point outline : Memberikan ukuran outline24 poin.
  10. Color docker window : Memunculkan color docker windowuntuk outline.
  11. Fill color dialog : Memunculkan kotak dialog warna isi.
  12. Fountine fill dialog : Memunculkan kotak dialog warna gradasi
  13. Pattern fill dialog : Memunculkan kotak dialog pola.
  14. Texture fill dialog : Memunculkan kotak dialog tekstur.
  15. Postscript fill dialog : Memunculkan kotak dialog postscript.
  16. No fill : Menghilangkan warna isi.
  17. Color docker dialog : Memunculkan color docker window untuk warna isi.

Bagikan Artikel

FacebookTwitter

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya. Jika ada koreksi ataupun saran, silahkan tinggalkan komentar di kolom komentar.
EmoticonEmoticon