Resensi Buku Active Galatic Nuclei

Hallooo teman-teman,

Setelah sekian lama blog ini vakum dan ternyata sudah meningkat pengunjungnya. Kemarin, saya mulai aktif posting konten, semoga bisa meluangkan waktu untuk menulis dan berbagi ilmu lagi di blog ini.

Kali ini, saya ingin membagikan resensi buku bahasa inggris tentang inti galaksi aktif. Resensi ini diperuntukkan untuk teman-teman yang belajar astronomi dan sedang mencari buku tentang inti galaksi aktif (AGN). Ataupun kalau teman-teman sedang mencari contoh resensi buku, semoga resensi ini bisa membantu.

Baca juga: 

Resensi Buku Active Galatic Nuclei

Contoh resensi buku non-fiksi

Judul buku        : Active Galactic Nuclei
Pengarang        : Volker Beckmann dan Chris R. Shrader
Penerbit            : Wiley-VCH
Tahun terbit     : 2012
Tebal buku       : 374 halaman

            Buku Active Galactic Nuclei merupakan ikhtisar mengenai pengetahuan terkini fenomena inti galaksi aktif atau dalam bahasa Inggris Active Galactic Nuclei (AGN). Buku ini terdiri dari 10 bab. Pemahaman penulis tentang inti galaksi aktif dirangkum di Bab 1. Pada bab 1 pembaca akan mendapatkan tinjauan umum tentang topik ini. Bab 2 pembahasan singkat mengenai proses radiatif yang umum terjadi pada inti galaksi aktif dan memberikan formula yang relevan untuk membantu memahami bab ini. Selanjutnya, bab 3 membahas pemahaman tentang mekanisme pembangkitan energi pada inti galaksi aktif dan komponen utamanya, seperti lubang hitam, piringan akresi, daerah penghasil garis sempit dan lebar, serta jet. Berbagai jenis AGN dibahas dalam bab 4, termasuk model unifikasi inti galaksi aktif yang saat ini diyakini. Bab 5 menjelaskan inti galaksi aktif pada panjang gelombang yang berbeda-beda mulai dari radio sampai sinar gamma.
Selanjutnya, bab 6 membahas studi variabilitas pada inti galaksi aktif. Pada Bab 7 membahas pengaruh galaksi induk terhadap inti galaksi aktif dan pengaruh inti galaksi aktif terhadap daerah pembentukan bintang di sekitarnya. Penulis membahas secara singkat model kosmologis saat ini di bab 8 untuk memahami peran inti galaksi aktif di alam semesta dan menunjukkan cara inti galaksi aktif dapat digunakan sebagai alat untuk studi kosmologis. Pada bab 9 menjelaskan pembentukan, evolusi, dan akhir dari inti galaksi aktif. Bab 10 merangkum masalah-masalah dalam penelitian inti galaksi aktif yang masih belum terjawab.
            Buku ini cocok dibaca untuk mahasiswa astronomi yang sedang mengerjakan tugas akhir mengenai inti galaksi aktif. Selain itu, bisa juga untuk mahasiswa astronomi tingkat 3 yang tertarik dengan inti galaksi aktif. Minimal tingkat 3 karena ada beberapa mata kuliah yang membantu untuk memahami buku ini, seperti fisika bintang, proses astrofisika, dan pengantar kosmologi, Inti galaksi aktif  termasuk ke dalam objek ekstragalaksi dan proses-proses yang terlibat di inti galaksi aktif adalah proses astrofisika energi tinggi. Oleh karena itu, sebelum membaca buku ini sebaiknya membaca dahulu mengenai proses-proses astrofisika energi tinggi. Contohnya, radiasi sinkrotron, hamburan inverse-compton, dan lain lain. Proses astrofisika energi tinggi tidak banyak dibahas di mata kuliah wajib astronomi ITB sehingga perlu mencari tahu sendiri ataupun mengambil mata kuliah pilihan S2 astrofisika energi tinggi.
            Salah satu pendukung dalam memahami buku-buku astronomi adalah ilustrasi dan grafik. Contohnya ilustrasi suatu objek asronomi, model, dll. Khususnya di astronomi, banyak hal-hal yang belum kita lihat di Bumi sehingga perlu ilustrasi untuk membayangkannya. Pada buku ini tersedia bagian color plate yang berisi ilustrasi-ilustrasi dan grafik-grafik yang dibutuhkan ketika membaca buku ini. Selain di bagian color plate, di dalam bab-bab juga masih ada ilustrasi dan grafik untuk membantu pembaca memahami isi bab tersebut. Menurut saya, ilustrasi dan grafik yang disediakan buku ini sangat banyak dan sangat membantu untuk memahami isi buku ini.
            Selain membutuhkan ilustrasi, dalam membaca buku astronomi juga sering terdapat singkatan-singkatan. Singkatan ini yang sering disebutkan dalam buku. Oleh karena itu, diperlukan daftar singkatan untuk membantu pembaca mengetahui arti singkatan tersebut. Menariknya, pada buku ini penulis sudah menyediakan daftar singkatan yang sering disebutkan di dalam buku ini. Bagi pemula di bidang inti galaksi aktif, bisa menggunakan daftar singkatan ketika membaca buku ini.
            Buku ini menggunakan bahasa Inggris. Pemilihan kata yang digunakan buku ini sangat baik. Kata-kata yang digunakan merupakan kata yang sering didengar sehingga bagi pembaca yang terbiasa dengan buku bahasa Indonesia tidak terlalu sulit memahami bacaan berbahasa Inggris ini. Cara pembahasan buku ini juga menurut saya sudah baik dan runut. Pada urutan daftar isi pun sudah bisa ditebak, urutan pembahasannya sudah runut. Pembahasan di setiap bab pun runut sehingga pembaca pemula di inti galaksi aktif masih bisa memahami.
            Pada bagian atas dari resensi ini sudah saya sebutkan bahwa buku ini diterbitkan tahun 2012. Sebelum tahun 2012 terdapat instrumen-instrumen yang baru diluncurkan ke ruang angkasa. Buku ini mencakup fenomena berdasarkan hasil terbaru dalam panjang gelombang sinar-X dari teleskop baru seperti Chandra dan XMM Newton yang tidak disebutkan dalam buku lain. Selain itu, penulis juga menggunakan hasil dari  Fermi Gamma Ray Space Telescope. Instrumen ini cukup fenomenal karena banyak kelebihan-kelebihan dibandingkan instrumen sinar gamma sebelumnya.
            Buku ini memang tidak banyak menuliskan rumus. Rumus-rumus yang diberikan pun tidak ada penurunannya. Bagi pembaca pemula, mungkin akan bingung asal-usul rumus tersebut. Beberapa pembaca ada yang suka matematis sehingga perlu penurunan rumus. Disarankan bagi yang ingin tahu penurunan rumus, membaca buku lain sebagai tambahan informasi.
            Saya menggunakan buku ini dalam bentuk pdf sehingga tidak banyak segi keterbacaan yang bisa saya ulas. Menurut saya, jenis tulisan yang digunakan sudah cukup baik, enak dilihat. Namun, jarak antar baris sangat rapat. Buku ini memang tidak banyak warna, hanya beberapa ilustrasi saja yang berwarna. Oleh karena itu, dari segi penampilan buku ini kurang menarik.
            Berdasarkan ulasan-ulasan di atas mulai dari konten buku sampai bagian keterbacaan dapat disimpulkan bahwa pembahasan buku ini runut dan dilengkapi ilustrasi sehingga cocok untuk mahasiswa astronomi minimal tingkat 3 meskipun pemula di bidang inti galaksi aktif. Namun, pembaca membutuhkan buku pendamping untuk memahami penurunan dari rumus yang digunakan pada buku ini.

Bagikan Artikel

FacebookTwitter

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya. Jika ada koreksi ataupun saran, silahkan tinggalkan komentar di kolom komentar.
EmoticonEmoticon